Monday, 3 September 2012

"JANGANLAH DATANG UNTUK SHOLAT DENGAN TERBURU-BURU"






بسم الله الرحمن الرحيم




hadits:

"Dari Abu Hurairah, diberkata: Rasulullah SAW bersabda: "Apabila telah terdengar suara iqamah untuk melakukan shalat, maka janganlah kalian datang untuk sholat dengan terburu-buru, akan tetapi datanglah dengan tenang (sakinah). Maka apa yang kamu dapatkan (bersama imam), shalatlah kamu bersamanya, dan apa yang ka

mu ketinggalan darinya, maka sempurnakanlah.
(H.R. Al-Bukhari, Muslim, an-Nasa'i dan Ibnu Majah)

Asbabul Wurud:
Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, al-Bukhari dan Muslim dan Abu Qatadah dari ayahnya, dia berkata: "Ketika kami shalat bersama Nabi SAW, tiba-tiba beliau mendengar keributan orang-orang. Maka setelah selesai shalat Nabi memanggil mereka seraya bertanya: "Mengapa kalian tadi ribut-ribut?" Mereka menjawab: "Kami terburu-buru ingin menghadiri shalat ya Rasulullah." Maka Rasulullah SAW bersabda:
"Janganlah kalian melakukan seperti itu". Apabila kalian mau menghadiri shalat, maka datanglah dengan tenang, tidak perlu terburu-buru. Apa yang kalian dapatkan bersama imam, maka shalatlah kalian bersamanya dan sempurnakanlah (rakaat) yang tertinggal dari imam tadi (setelah imam selesai sholat).

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Pembaca

Copyright © 2016. Wawasan dan Kisah Islami - All Rights Reserved My Free Template by Bamz